Saturday, June 27, 2015

Rangkuman Perekonomian Indonesia

1. PERKEMBANGAN SEJARAH EKONOMI DI DUNIA DAN INDONESIA
  • Perkembangan Sejarah Ekonomi di Dunia
   Ekonomi pada Masa Kuno dan Abad Pertengahan masih berkutat dengan hasil-hasil pertanian. Sementara pada Era Modern Awal mulai banyak modal untuk mendapatkan bahan baku, dan semakin luasnya daerah untuk dijajah. Lalu, memasuki Revolusi Industri dimana banyak terjadi perubahan besar pada sektor pertanian, pertambangan, dan transportasi. Sampai pada Abad ke-20 dan Awal Abad ke-21 semakin mudah untuk memproduksi suatu barang, bahkan menawarkannya sampai seluruh dunia berkat majunya teknologi, sosial media.
  • Perkembangan Sejarah Ekonomi di Indonesia
  Pada saat Orde Lama, perekonomian di Indonesia sangat terpuruk. Tingginya jumlah inflasi tidak dapat diatasi. Barulah pada Orde Baru pemerintah mulai menekan tingkat inflasi, mengurangi defisit keuangan pemerintah, dan meningkatkan produksi, termasuk ekspor barang ke luar negeri. Lalu pada pemerintahan BJ Habibie dan Abdurrahman Wahid belum ada tindakan yang berarti, semua terpacu pada menjaga kestabilan politik. Sementara pada pemerintahan Megawati Soekarnoputri sempat melakukan pengunduran pembayaran hutang dan menjual beberapa perusahaan untuk menjaga perusahaan negara. Barulah pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan sekarang Joko Widodo mulai mengurangi subsidi BBM, atau lain kata menaikkan harga BBM. Untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia, dan juga menyelamatkan Bahan Bakar agar tidak cepat habis.

2. PERKEMBANGAN SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA DARI MASA ke MASA

          Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. 
Perkembangan sistem perekonomian terbagi atas beberapa bagian :
1. PEREKONOMIAN INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN
Sebelum merdeka, Indonesia mengalami masa penjajahan yang terbagi dalam beberapa periode. Ada empat negara yang pernah menduduki Indonesia, yaitu Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang. 
2. PEREKONOMIAN INDONESIA MASA ORDE LAMA (1945 – 1966)
          Pada awal kemerdekaan, pembangunan ekonomi Indonesia mengarah perubahan struktur ekonomi kolonial menjadi ekonomi nasional, yang bertujuan untuk memajukan industri kecil untuk memproduksi barang pengganti impor yang pada akhirnya diharapkan mengurangi tingkat ketergantungan luar negeri.
3. MASA PASCA KEMERDEKAAN (1945-1950)
4.  MASA DEMOKRASI LIBERAL (1950 – 1957)
5.  MASA DEMOKRASI TERPIMPIN (1959-1967)
6.  ORDE BARU (1966-1997)
7. REFORMASI

3. HAMBATAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DI INDONESIA

1. Perbedaan Mata Uang Antarnegara Pada umumnya mata uang setiap negara berbeda-beda.
2. Kualitas Sumber Daya yang Rendah Rendahnya kualitas tenaga kerja dapat menghambat perdagangan internasional
3. Pembayaran Antarnegara Sulit dan Risikonya Besar Pada saat melakukan kegiatan perdagangan internasional, negara pengimpor akan mengalami kesulitan dalam hal pembayaran
4. Adanya Kebijaksanaan Impor dari Suatu Negara Setiap negara tentunya akan selalu melindungi barang-barang hasil produksinya sendiri
5. Terjadinya Perang
6. Adanya Organisasi-Organisasi Ekonomi Regional Biasanya dalam satu wilayah regional terdapat organisasiorganisasi ekonomi.
  
4. Hubungan Industrialisasi dengan Kemiskinan 

        Dikatakan bahwa Industrialisasi adalah suatu proses menciptakan interaksi para pihak yang memiliki kepentingan ekonomis yang sama terhadap suatu siklus rantai nilai. Proses ini dapat terjadi secara alamiah maupun disengaja. Secara alamiah, pemicu proses industrialisasi adalah pasar.  

Tujuan industrialisasi antara lain :

1. memperluas lapangan kerja

2. menambah devisa Negara

3. memanfaatkan potensi sumber daya alam maupun sumberdaya manusia

4. dan terutama menggerakkan roda perekonomian suatu bangsa menjadi lebih cepat.
 
    
       Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. 

       Ada hubungan yang saling mempengaruhi antara industrialisasi, kemiskinan dan sumber daya alam. Industrialisasi mempengaruhi kemiskinan melalui tingkat pendapatan yang diberikan sektor industri. Kemiskinan mempengaruhi tinggkat penggunaan sumberdaya alam dan proses konservasi sumber daya alam serta lingkungan hidup. Sumber daya alam merupakan sebagai bahan baku dalam Industrialisasi .   
 

No comments:

Post a Comment